Responsive image

KUATKAN KELEMBAGAAN POKDARWIS, MAHASISWA KKN UNEJ ASTRA MELAKSANAKAN PELATIHAN PENGELOLAAN REST AREA PUNCAK SAUNG NAGA

Kopiraisa.com - Rest Area Puncak Saung Naga merupakan unit usaha BUMDes Sumber Gading yang dikelola oleh Pokdarwis Sumber Gading dalam pengembangannya. Rest Area Puncak Saung Naga masih dalam proses pengembangan dan pembangunan sejak tahun 2019 sampai saat ini. Keaktifan anggota pokdarwis dalam pengelolaan Rest Area Puncak Saung Naga menjadi penentu kesuksesan pengembangan Rest Area Puncak Saung Naga. Oleh karena itu, dibutuhkan penguatan kelembagaan Pokdarwis sebagai pengelola Rest Area Puncak Saung Naga melalui pelatihan dan pendampingan oleh ahli di bidangnya.

Pelatihan ini diadakan pada hari sabtu tanggal 27 Februari 2021, bertempat di Rest Area Saung Naga. Kegiatan ini merupakan Penguatan Kelembagaan Pokdarwis di Desa Sumber Gading dengan peserta dari anggota Pokdarwis Desa Sumber Gading. Pelatihan ini berfokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia Pokdarwis sehingga dapat berdampak positif pada tata kelola Rest Area Puncak Saung Naga dan kelembagaannya. “Dengan adanya pelatihan diharapkan dapat membantu membentuk strukturisasi Pokdarwis lebih rekat dan kesadaran akan potensi Rest Area Puncak Saung Naga yang begitu besar di masa mendatang dalam mensejahterakan warga sekitar khususnya warga Sumber Gading itu sendiri,” ungkap Fauzan selaku ketua pelaksana.

Acara ini  dihadiri oleh 3 pemateri yaitu Bpk. Hermanto (Dosen Manajemen BUMDes dan Korpus Pemberdayaan Masyarakat LP2M UNEJ), Ibu Rokhani (Dosen PS. Penyuluhan Pertanian Fakultas Pertanian Universitas Jember) dan Bpk. Rondhi (Dosen PS Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember). Menurut Bpk. Hermanto sebagai salah satu pemateri, “dari pelatihan Penguatan Kelembagaan Pokdarwis Kecamatan Sumberwringin melalui Pelatihan Pengelolaan Rest Area Saung Naga, harapannya adalah Pokdarwis di Desa Sumber Gading ini dapat menumbuhkan kreatifitas terutama dalam mempersiapkan Rest Area sebagai penyangga destinasi wisata khususnya kawah ijen, ada kreatifitas-kreatifitas dalam pengelolaan penyengga destinasi wisata termasuk pembuatan event dan juga memberdayakan masyarakat untuk bisa maksimal terlibat dalam mendukung wisata kedepannya. Harapan dari diadakannya pelatihan ini nanti bisa dilanjutkan dan dikembangkan oleh BUMDes dan bisa kemudian pelatihan ini menjadi modal dalam pengembangan wisata di desa Sumber Gading” Acara ini sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan wisata di kecamatan Sumberwringin, khususnya di desa Sumber Gading dalam meningkatkan kesadaran warga sekitar akan besarnya potensi Rest Area Puncak Saung Naga. Menurut peserta sekaligus ketua Pokdarwis Sumber Gading, Bpk. Samsul “Rest Area Puncak Saung Naga dibangun dengan semangat besar dari para warga desa Sumber Gading, diharapkan semangat tersebut dapat terus berkobar dalam membangun Rest Area milik Sumber Gading ini. Adanya kegiatan pelatihan ini dapat menjadi penunjang semangat warga Desa Sumber Gading dan membantu menyadarkan kembali betapa pentingnya potensi Rest Area Puncak Saung Naga ini untuk kesejahteraan warganya”

Harapannya konsep pengembangan Rest Area ini dapat direspon sangat baik oleh warga terutama pokdarwis dan membantu mewujudkan bagaimana desa itu tergerak untuk meningkatkan kemampuan merespon adanya wisata dengan perekrutan tenaga muda dan juga upaya untuk membangun penyangga destinasi wisata, kami berharap dari kegiatan ini nanti warga Desa Sumber Gading terus dan terus meningkatkan semangat dalam meningkatkan kesadaran warga akan adanya penunjang wisata ini dalam bentuk Rest Area.