Responsive image

KKN ASTRA UNEJ DALAM EFEKTIVITAS PELATIHAN DOKUMENTASI DAN PEMASARAN PRODUK BATIK MELALUI MEDIA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS KINERJA KARYAWAN BATIK JATI MAS

Kopiraisa.com - Desa Tegaljati merupakan salah satu desa terbesar di kecamatan Sumberwringin, karena desa ini terdiri dari 13 Dusun. Salah satu ciri khas desa Tegaljati terletak pada kerajinan Batik Jati Mas yang berlokasi di dusun Bata Timur dan Bata Tengah. Kerajinan Batik ini di ketuai oleh Bapak Sugiyanto, keberadaan kerajinan ini sudah sangat di kenal di seluruh Bondowoso dan harapan kedepannya Batik Jati Mas bisa dikenal oleh seluruh Masyarakat di Indonesia.

Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) Universitas Jember dan Pt. Astra International mengadakan kerjasama dalam mewujudkan Desa Berseri Astra dengan menerjunkan beberapa mahasiswa untuk KKN di Kecamatan Sumberwringin. Salah satu program KKN tersebut adalah program PKBM Batik yang difokuskan di Desa Tegal Jati. Kegiatan Pelatihan Dokumentasi dan Pemasaran Batik Melalui Media Sosial yang diselenggarakan di Desa Tegaljati Kecamatan Sumberwringin Kabupaten Bondowoso merupakan salah satu program kerja dari mahasiswa KKN Astra Universitas Jember yang memiliki tujuan untuk meningkatkan efektivitas kinerja karyawan batik Jati Mas dalam hal pendokumentasian dan pemasaran melalui media sosial.

Kegiatan Pelatihan Dokumentasi dan Pemasaran Batik Melalui Media Sosial diawali dengan pembukaan oleh moderator. Kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Bapak Sugiyanto selaku Ketua Pengelola PKBM Batik Jati Mas Sumberwringin. Selain memberikan sambutan, beliau juga memberikan motivasi kepada peserta dan mengucapkan terimakasih dengan adanya pelatihan tersebut dapat meberikan ilmu baru kepada karyawannya. Sambutan kedua oleh Ibu Soekma Yeni, selaku DPL dan perwakilan LP2M. Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari pemateri yaitu Bapak Fajar Aji. Beliau merupakan pemateri mengenai dokumentasi, dan Saudara Ikhsan Maulana Hafidz selaku pemateri mengenai pemasaran.

Pelatihan Dokumentasi dan Pemasaran ditujukan kepada masyarakat dan karyawan Batik Jati Mas, menjadi sebuah hal yang sangat penting untuk diperhatikan oleh pemilik usaha Batik Jati Mas. Pelatihan ini tidak hanya bermanfaat untuk kepentingan karyawan sendiri, tetapi pelatihan ini tentunya sangat bermanfaat bagi masyarakat sekitar dan PKBM Batik Jati Mas. Sebagai seorang karyawan dan masyarakat sekitar PKBM Batik Jati Mas tentunya harus melestarikan dan menjaga nama baik Batik Jati Mas untuk kedepannya dan tentunya harus memiliki kemampuan untuk meningkatkan kualitas terhadap Batik Jati Mas melalui pelatihan pengambilan dokumentasi dan memasarkan produk Batik Jati Mas agar hasil yang didapat dari pelatihan ini bisa di praktekan dalam kinerja maupun keseharian. 


Penyampaian materi dokumentasi yang di sampaikan oleh Bapak Fajar Aji, S.Sn., M.Sn. memberikan dampak yang sangat besar kepada kegiatan pelatihan Dokumentasi, karena setelah menyampaikan materi, bapak Fajar langsung mengajak para karyawan peserta pelatihan untuk mempraktekkan dokumentasi secara langsung. Banyak antusias dari para peserta yang langsung mempraktekan bagaimana cara pengambilan gambar yang bagus melalui smartphone masing-masing dan tentunya dari hasil gambar yang didapatkan sangat menarik dan membuat para karyawan ingin mencoba lagi. 



Penyampaian materi yang di sampaikan oleh saudara Ikhsan Maulana Hafidz memberikan pelajaran yang sangat penting yaitu terkait pemasaran, pemasaran ini ada 3 cara yaitu memasarkan produk melalui instagram, facebook,dan kopi raissa. Peran media sosial ini bertujuan menjadi jembatan bagi pelaku usaha dan konsumennya, dengan bantuan internet ini diharapkan dapat menjalin komunikasi dengan konsumen dan calon konsumen di berbagai wilayah bahkan belahan dunia. Komponen dalam pemasaran melalui media sosial harus lebih aktif dalam berinteraksi, fokus pada sasaran, menggabungkan banyak problem, menggunnakan influencer. Target pemasaran online ini harus jelas dengan cara menentukan target dan jenis media, membuat konten yang menarik, menjalin komunikasi efektif secara personal, dengan demikian setelah mengikuti pelatihan ini karyawan dan masyarakat bisa lebih paham dan mengerti terkait tahapan apa saja yang harus di persiapkan sebelum memasarkan produk.

Manfaat yang dapat di ambil dan di kembangkan oleh karyawan dan masyarakat dalam pelatihan ini :

1.      Sebagai cara untuk meningkatkan keterampilan karyawan dan masyarakat agar dapat bertahan dan dapat beradaptasi sesuai dengan perubahan, kemajuan dan perkembangan teknologi yang selalu berkembang.

2.      Pemilik perusahaan tentunya mengharapkan karyawan dan masyarakat sekitar dapat memiliki produktivitas dan kinerja yang tinggi, dengan adanya program pelatihan ini masyarakat dan karyawan Batik Jati Mas dapat meningkatkan produktivitas dan kinerja kerja.

3.      Dengan adanya training keryawan dan masyarakat tentunya dapat membuat sense of belonging karyawan dan masyarakat terhadap produksi dan pemasaran semakin meningkat, sehingga menjadikan karyawan ataupun masyrakat yang mencobanya dapat melayani pelanggan dengan baik. Tentunya dapat berakibat pada naiknya kepuasan pelanggan yang tentunya memberikan keuntungan bagi pengelola usaha sebagai cara meningkatkan profit perusahaan.

4.      Program pelatihan dan pengembangan karyawan dan masyarakat ini dapat membuat para karyawan dan masyarakat lebih akrab dan juga memiliki solidaritas yang tinggi maka suasana usaha Batik Jati Mas akan lebih tenang dan juga kondusif dengan adanya tim yang solid yang saling bekerjasama dalam mewujudkan visi-misi perusahaan.

5.      Tidak kalah penting juga manfaat pelatihan untuk karyawan Batik Jati mas dan masyarakat sekitar adalah membantu karyawan baru dan masyarakat baru dalam beradaptasi dan membagikan ilmu.

6.      Manfaat pelatihan bagi karyawan dan masyarakat lama juga tidak kalah penting, karyawan lama dapat mengasah kemampuan maupun bakat terpendam lainnya. Masyarakat lama dapat membagikan ilmunya kepada masyarakat baru yang menetap di sekitaran kawasan Batik Jati Mas.

7.      Strategi pelatihan terhadap karyawan dan masyarakat dalam meningkatkan kerja sama tim tentunya hal yang sering dilakukan oleh perusahaan melalui gathering maupun outbond training.